Email Resmi

humas@iaikhozin.ac.id

WA Center

0821-8800-8807

EnglishالعربيةBahasa Indonesia
IAIKUPers- Sabtu ( 25 November 2023) Arim Irsyadulloh Albin Jaya, M.Pd. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan IAI Khozinatul Ulum Blora, ikut serta mengisi acara Ngobrol Pendidikan Islam ( Ngopi) dengan tema ‘Membangun Madrasah Berkarakter Unggul’ Bidang Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah ( Jateng), di Hotel Al-Madina. Serta turut dihadiri langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia ( DPR RI) Hj Sri Wulan ,mustaqim, S.Pd.I.selaku kabid.Tata Usaha Kemenag Kabupaten Blora dan tamu undangan lainnya, khususnya dari Guru Madrasah Formal dan Non Formal, ada perangkat Desa, Pengawas Madrasah. Di kesempatan ini Arim Irsyadulloh Albin jaya M,Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAI Khozinatul Ulum Blora selaku Pembicara mengatakan " berdasarkan melihat permasalahan maraknya fenomena perilaku amoral yang melibatkan peserta didik sebagai pelakunya, hal ini menjadi tamparan keras bagi dunia pendidikan yang idealnya lembaga pendidikan harus melahirkan generasi-generasi terdidik dan beretika sekaligus menjadi musuh utama dari fenomena-fenomena perilaku amoral. Untuk menangulangi dan meminimalisir persoalan saat ini maka para pakar pendidikan telah memasukkan pendidikan karakter, pada pada tataran implementasi dan hasilnya juga belum dapat berjalan 100% sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendidikan karakter dapat lakukan pada beberapa kegiatan baik ektra maupun intra. Madrasah memiliki andil dan peran yang sangat penting sekali dalam mewujudkan calon pemimpin dan penerus bangsa ini."tuturnya." "Madrasah merupakan wadah yang paling baik. Madrasah adalah wadah atau tempat belajar ilmu- ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan keahlian lainnya yang berkembang pada zamannya. Beberapa hal yang dapat dimaksimalkan peran madrasah dalam pendidikan karakter adalah, Pertama menyediakan pendidikan moral agama yang berbasis penyikapan terhadap kasus/ fenomena. Kedua, menyiapkan pendidik sebagai role model. Ketiga, menyediakan perangkat nilai dan aturan yang jelas, rasional dan konsisten. Keempat, membangun sinergitas antara pihak sekolah, keluarga, masyarakat dan pemerintah. Kelima, pendidikan berkarakter moral dimasukkan dalam kegiatan intra, ekstra dan ko-kulikuler sebagai hidden curriculum. Keenam, menyajikan story telling melalui multi media dengan melibatkan peran sebagai role model karakter moral. Dengan memaksimalkan dalam pendidikan karakter di madrasah, maka diharapkan peserta didik dan penerus bangsa akan menjadi semakin bagus. Mempunyai penerus bangsa yang akan membawa Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. "harapnya." عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس Penerus yang sesuai dengan tujuan utama menjadikan manusia yang baik. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat oleh orang lain."tutupnya." Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia ( DPR RI) Hj Sri Wulan berharap lebih meningkatkan sumber daya manusia, dimana nantinya menjadi Anak – anak berakhlak mulia, yang nantinya akan menjadi penerus Bangsa. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, itu bisa saja menjadikan pengaruh positif dan negatif. Maka dari itu, peran orang tua sangatlah penting, karena itu tidak bisa dibebankan pada guru saja. Peran keluarga, serta peran pendidik atau pengajar, itu sangatlah saling berkaitan,agar batas batasan untuk Anak, mana yang bisa dikonsumsi, dilihat atau dicari, haruslah ada batasan – batasannya, karena Anak sangatlah mudah meniru. harapnya. Lebih lanjut, maka dari itulah, kita harus melakukan pendekatan kepada Anak, kepada keluarga, dan kita wajib memberikan pendampingan – pendampingan.Semuanya baik Anak Sekolah Dasar ( SD), SMP, SMA, pergunakanlah teknologi ini dengan baik dan benar, maka akan menjadi penunjang yang benar. tuturnya. Terpisah , sedangkan menurut Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Melalui Agus Lukman mengungkapkan kebijakan dari Kemenag Provinsi Jawa untuk Tahun 2023 ini, sudah ada sekitar kurang lebih 16 ribu Guru, sudah mendapatkan sertifikasi untuk kesejahteraan Guru. Itupun belum termasuk juga yang P3K, yang kuota di Tahun 2023 ini termasuk ada peningkatan , daripada Tahun 2022, di Kemenag. Harapan Saya P3K di Tahun 2024 masih sangat diperlukan, mengingat Guru di Madrasah, masih banyak yang honorer. tutupnya. Pawarta: Yusron Ridho Nurfatoni

DEKAN FITK IAI KHOZINATUL ULUM MENJADI PEMBICARA DALAM NGOBROL PENDIDIKAN ISLAM ( NGOPI) ANGKATAN XVI

IAIKUPers- Sabtu ( 25 November 2023) Arim Irsyadulloh Albin Jaya, M.Pd. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan IAI Khozinatul Ulum Blora, ikut serta mengisi acara Ngobrol Pendidikan Islam ( Ngopi) dengan tema ‘Membangun Madrasah Berkarakter Unggul’ Bidang Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah ( Jateng), di Hotel Al-Madina. Serta turut dihadiri langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia ( DPR RI) Hj Sri Wulan ,mustaqim, S.Pd.I.selaku kabid.Tata Usaha Kemenag Kabupaten Blora dan tamu undangan lainnya, khususnya dari Guru Madrasah Formal dan Non Formal, ada perangkat Desa, Pengawas Madrasah. Di kesempatan ini Arim Irsyadulloh Albin jaya M,Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAI Khozinatul Ulum Blora selaku Pembicara mengatakan " berdasarkan melihat permasalahan maraknya fenomena perilaku amoral yang melibatkan peserta didik sebagai pelakunya, hal ini menjadi tamparan keras bagi dunia pendidikan yang idealnya lembaga pendidikan harus melahirkan generasi-generasi terdidik dan beretika sekaligus menjadi musuh utama dari fenomena-fenomena perilaku amoral. Untuk menangulangi dan meminimalisir persoalan saat ini maka para pakar pendidikan telah memasukkan pendidikan karakter, pada pada tataran implementasi dan hasilnya juga belum dapat berjalan 100% sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendidikan karakter dapat lakukan pada beberapa kegiatan baik ektra maupun intra. Madrasah memiliki andil dan peran yang sangat penting sekali dalam mewujudkan calon pemimpin dan penerus bangsa ini."tuturnya." "Madrasah merupakan wadah yang paling baik. Madrasah adalah wadah atau tempat belajar ilmu- ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan keahlian lainnya yang berkembang pada zamannya. Beberapa hal yang dapat dimaksimalkan peran madrasah dalam pendidikan karakter adalah, Pertama menyediakan pendidikan moral agama yang berbasis penyikapan terhadap kasus/ fenomena. Kedua, menyiapkan pendidik sebagai role model. Ketiga, menyediakan perangkat nilai dan aturan yang jelas, rasional dan konsisten. Keempat, membangun sinergitas antara pihak sekolah, keluarga, masyarakat dan pemerintah. Kelima, pendidikan berkarakter moral dimasukkan dalam kegiatan intra, ekstra dan ko-kulikuler sebagai hidden curriculum. Keenam, menyajikan story telling melalui multi media dengan melibatkan peran sebagai role model karakter moral. Dengan memaksimalkan dalam pendidikan karakter di madrasah, maka diharapkan peserta didik dan penerus bangsa akan menjadi semakin bagus. Mempunyai penerus bangsa yang akan membawa Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. "harapnya." عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس Penerus yang sesuai dengan tujuan utama menjadikan manusia yang baik. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat oleh orang lain."tutupnya." Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia ( DPR RI) Hj Sri Wulan berharap lebih meningkatkan sumber daya manusia, dimana nantinya menjadi Anak – anak berakhlak mulia, yang nantinya akan menjadi penerus Bangsa. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, itu bisa saja menjadikan pengaruh positif dan negatif. Maka dari itu, peran orang tua sangatlah penting, karena itu tidak bisa dibebankan pada guru saja. Peran keluarga, serta peran pendidik atau pengajar, itu sangatlah saling berkaitan,agar batas batasan untuk Anak, mana yang bisa dikonsumsi, dilihat atau dicari, haruslah ada batasan – batasannya, karena Anak sangatlah mudah meniru. harapnya. Lebih lanjut, maka dari itulah, kita harus melakukan pendekatan kepada Anak, kepada keluarga, dan kita wajib memberikan pendampingan – pendampingan.Semuanya baik Anak Sekolah Dasar ( SD), SMP, SMA, pergunakanlah teknologi ini dengan baik dan benar, maka akan menjadi penunjang yang benar. tuturnya. Terpisah , sedangkan menurut Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Melalui Agus Lukman mengungkapkan kebijakan dari Kemenag Provinsi Jawa untuk Tahun 2023 ini, sudah ada sekitar kurang lebih 16 ribu Guru, sudah mendapatkan sertifikasi untuk kesejahteraan Guru. Itupun belum termasuk juga yang P3K, yang kuota di Tahun 2023 ini termasuk ada peningkatan , daripada Tahun 2022, di Kemenag. Harapan Saya P3K di Tahun 2024 masih sangat diperlukan, mengingat Guru di Madrasah, masih banyak yang honorer. tutupnya. Pawarta: Yusron Ridho Nurfatoni
DEKAN FITK IAI KHOZINATUL ULUM MENJADI PEMBICARA DALAM NGOBROL PENDIDIKAN ISLAM ( NGOPI) ANGKATAN XVI

IAIKUPers- Sabtu ( 25 November 2023) Arim Irsyadulloh Albin Jaya, M.Pd. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan IAI Khozinatul Ulum Blora, ikut serta mengisi acara Ngobrol Pendidikan Islam ( Ngopi) dengan tema ‘Membangun Madrasah Berkarakter Unggul’ Bidang Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah ( Jateng), di Hotel Al-Madina.

Serta turut dihadiri langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia ( DPR RI) Hj Sri Wulan ,mustaqim, S.Pd.I.selaku kabid.Tata Usaha Kemenag Kabupaten Blora dan tamu undangan lainnya, khususnya dari Guru Madrasah Formal dan Non Formal, ada perangkat Desa, Pengawas Madrasah.

 

Di kesempatan ini Arim Irsyadulloh Albin jaya M,Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAI Khozinatul Ulum Blora selaku Pembicara mengatakan ” berdasarkan melihat permasalahan maraknya fenomena perilaku amoral yang melibatkan peserta didik sebagai pelakunya, hal ini menjadi tamparan keras bagi dunia pendidikan yang idealnya lembaga pendidikan harus melahirkan generasi-generasi terdidik dan beretika sekaligus menjadi musuh utama dari fenomena-fenomena perilaku amoral. Untuk menangulangi dan meminimalisir persoalan saat ini maka para pakar pendidikan telah memasukkan pendidikan karakter, pada pada tataran implementasi dan hasilnya juga belum dapat berjalan 100% sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendidikan karakter dapat lakukan pada beberapa kegiatan baik ektra maupun intra. Madrasah memiliki andil dan peran yang sangat penting sekali dalam mewujudkan calon pemimpin dan penerus bangsa ini.”tuturnya.”

“Madrasah merupakan wadah yang paling baik. Madrasah adalah wadah atau tempat belajar ilmu- ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan keahlian lainnya yang berkembang pada zamannya. Beberapa hal yang dapat dimaksimalkan peran madrasah dalam pendidikan karakter adalah, Pertama menyediakan pendidikan moral agama yang berbasis penyikapan terhadap kasus/ fenomena. Kedua, menyiapkan pendidik sebagai role model. Ketiga, menyediakan perangkat nilai dan aturan yang jelas, rasional dan konsisten. Keempat, membangun sinergitas antara pihak sekolah, keluarga, masyarakat dan pemerintah. Kelima, pendidikan berkarakter moral dimasukkan dalam kegiatan intra, ekstra dan ko-kulikuler sebagai hidden curriculum. Keenam, menyajikan story telling melalui multi media dengan melibatkan peran sebagai role model karakter moral. Dengan memaksimalkan dalam pendidikan karakter di madrasah, maka diharapkan peserta didik dan penerus bangsa akan menjadi semakin bagus. Mempunyai penerus bangsa yang akan membawa Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. “harapnya.”

 

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس

Penerus yang sesuai dengan tujuan utama menjadikan manusia yang baik. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat oleh orang lain.”tutupnya.”

Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia ( DPR RI) Hj Sri Wulan berharap lebih meningkatkan sumber daya manusia, dimana nantinya menjadi Anak – anak berakhlak mulia, yang nantinya akan menjadi penerus Bangsa.

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, itu bisa saja menjadikan pengaruh positif dan negatif. Maka dari itu, peran orang tua sangatlah penting, karena itu tidak bisa dibebankan pada guru saja.

Peran keluarga, serta peran pendidik atau pengajar, itu sangatlah saling berkaitan,agar batas batasan untuk Anak, mana yang bisa dikonsumsi, dilihat atau dicari, haruslah ada batasan – batasannya, karena Anak sangatlah mudah meniru. harapnya.

Lebih lanjut, maka dari itulah, kita harus melakukan pendekatan kepada Anak, kepada keluarga, dan kita wajib memberikan pendampingan – pendampingan.Semuanya baik Anak Sekolah Dasar ( SD), SMP, SMA, pergunakanlah teknologi ini dengan baik dan benar, maka akan menjadi penunjang yang benar. tuturnya.

Terpisah , sedangkan menurut Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Melalui Agus Lukman mengungkapkan kebijakan dari Kemenag Provinsi Jawa untuk Tahun 2023 ini, sudah ada sekitar kurang lebih 16 ribu Guru, sudah mendapatkan sertifikasi untuk kesejahteraan Guru.

Itupun belum termasuk juga yang P3K, yang kuota di Tahun 2023 ini termasuk ada peningkatan , daripada Tahun 2022, di Kemenag.

Harapan Saya P3K di Tahun 2024 masih sangat diperlukan, mengingat Guru di Madrasah, masih banyak yang honorer. tutupnya.

 

Pawarta: Yusron Ridho Nurfatoni

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *